Kamis, 16 Agustus 2012

TARGET PERENCANAAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH

                                 TARGET PERENCANAAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH


Beberapa komponen yang perlu diperhatikan dalam perencanaan pendidikan luar sekolah adalah:
1. Penemuan yang telah ada sebelumnya .

Suatu perencanaan tidak akan berdiri sendiri terisolasi
darikegiatanegiatan dan kondisi-kondisi sosial ekonomi yang telah ada
dimasyarakat.Begitu pulahasil-hasil penelitian sebelumnya yang sangat berguna
dalam penenyusunan dan perencanaan .

2. Jenis-jenis keterangan yang penting.
-Kegiatan ekonomi /jenis-jenis pekerjaan pokok.
-Faktor faktor sosial budaya .
-Fasilitas -fasilitas dan pelayanan sosial.
-Bidang politik.
-Faktor-faktor fisik.

3. Apakah selalu dibutuhkan suatu penelitian ?
Bagaimana cara untuk menjawab pertanyaan ini mengenai keadaan
lokasi .hal ini di lakukan penting karena kondisi selalu berubah .

4. Bagaimana data dikumpulkan.
-Observasi ,foto,gambar.
-Melakukan survai siapa yang terlibat dan siapa yanng terangsang.
-Interviu dennngan cara ini diharapkan dapat memperoleh keterangan
lebih kusus.
-Dengan melalui diskusi dan pertemuan dimana peserta dapat
memberikan sumbangan pikiran yang diperlukan.

5.Siapa yang harus mengumpulkan data.
Metode yang sering digunakan dalam mengumpulkan data baik dari
anggota atau masyarakat.

6.Bagaimana data dapat dianalisis.
Bentuk penganalisisan sangat erat dengan tipe data dan cara
pengumpulannya.

7. sasaran pendengar.
Sasaran pendengar adalah sejumlah orang yang telah diidentifikasi
melalui penelitian pendahuluan atau yang telah memperkenalkan dirinya
sendiri .

8.Bagaimana perencanaan berhubungan dengan kelompok sasaran.
Yaitu bagaimana menjalin hubungan secara terbuka mengenai tujuan dan
proyek .

9.Pengiraan Kebutuhan.
-Dasar /fungsional
-Kejuruan
-Kewarga negaraan/sosial
-Kejiwaan.
-Moral.

10.Penyusunan skala prioritas.
Kebijakan nasional merupakan posisi yang penting dalam mengambil
kebijakan.

11.Bagaimana kalau terjadi perubahan kebutuhan .
Kebutuhan tidak selalu statis tetapi secara dinamis dan periodik.karena
kepeksibelannya sangat diperlukan dalam pengiraan ulang.

12. Tujuan dan stategi.
Tujuan -tujuan umum ,tujuan khusus dan strategi adalah garis-garis
petunjuk dan perencanaan yang digunakan untuk memberi arah dan dari kegitan .

13. Apakah tujuan umum itu?
Merupakan pernyataan umum dari fokus dan maksu dari suatu proyek.

14. Apakah tujuan khusus?
Tujuan yang lebih spesifikdan memiliki pernyataan lebih kongkrit tentang
tujuan proyek.

15. Apakah strategi?
Pemilihan strategi mempertimbangkan faktor-faktor:
-Sosial.
-Ekonomi.
-Pendidikan.
-Politik.
-Administrasi.
-Tehnis.
-Lingkungan .

16. Apakah yang dimaksud fleksibel?
Suatu proyek yang memungkinkan perubahan stategi selama proyek itu
berlangsung,tanpa merobah proyek itu secara keseluruhan .

17. Rencana implementasinya.
Rancangan penggunaan dari suatu proyek termasuk pengenalan kegiatan dan
dampak yanng ditimbulkan .

18. Jadwal waktu pelaksanaan .
Suatu kegiatan harus diketahui berapa waktu yang diperlukan dan tugas apa
yang diperlukan.

19. Penilaian.
-Siapa yang akan menangani penilaian ?
-Siapa yang akan bertanggung jawab terhadap penilaian ?
-Kapan waktu pelaksanaan penilaia?
-Bagaimana data dikumpulkan dan digunakan ?
-Sumber perencanaan.


Oleh :Ika umaya yasinta(1102406008)