Rabu, 25 Juli 2012

Kolam Ki Hajar Dewantara FIP Unesa


Kolam Ki Hajar Dewantara FIP Unesa
Kolam Ulang Tahun Mahasiswa

            Sejauh mata memandang terlihat kokohnya bangunan, adanya nilai karakteristik, dan mempunyai makna simbol dalam dunia pendidikan. Ditambah Suasana sekitar yang  asri,rimbunnya tumbuhan yang tertata rapi dan adanya ikan Koi turut menghiasi isi kolam. Membuat setiap pejalan kaki yang melintas, selalu ingin memanjakan indera penglihatannya untuk memandang panorama kenyataan itu.

Tidak sedikit dari para mahasiswa yang duduk-duduk untuk menikmatinya sembari  menunggu teman yang ingin dijumpai.Terkadang juga dimanfaatkan untuk background moment dokumentasi foto saat ingin bernarsis ria bersama kawan-kawan. Taman yang ditengahnya terdapat kolam ikan juga berdiri patung Ki Hajar Dewantara yang bertuliskan “ Niteni, Niroke, Nambahi (Cermati, Tirukan, Kembangkan) dengan pose beliau yang sedang menghadap keatas.
            Namun tidak menutup kemungkinan bahwa Kolam Ki Hajar Dewantara bisa menjadi Momok bagi setiap Mahasiswa. Tentunya bagi mahasiswa yang sedang merayakan hari ulang tahun, sehingga bagi mahasiswa yang mengerti tradisi perayaan Ulang Tahun atau biasa disebut Ultah melihat fenomena hal tersebut cepat-cepat  mengantisipasi hal-hal apa yang harus dipersiapkan dan harus diperbuat sebelum badan seseorang tersebut dijunjung beramai-ramai meluncur ke dalam kolam yang berisi air keruh, berbau menyengat (efek adanya kotoran ikan yang hidup) dan resiko badan basah kuyup serta melekatnya pakaian membuat seseorang bangkit keluar dari kolam seperti tidak berguna lagi.
            Melihat kenyataan itu makna kolam Ki Hajar Dewantara selain sebagai penghias dan pemanis taman disekitar dimanfaatkan juga oleh mahasiswa untuk melakukan kejutan terhadap temannya yang sedang merayakan ulang tahun. Tidak hanya bagi teman-teman yang sedang merayakan ulang tahun tetapi sebagai bentuk tradisi yang dilakukan juga atas suatu kemenangan atau suatu kesuksesan yang didapatkan seseorang mahasiswa tertentu di lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan.