PENGEMBANGAN
METODE PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
FAKTOR-FAKTOR YANG PERLU DIPERTIMBANGKAN DALAM MEMILIH ATAU MENGGUNAKAN METODE
PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
1.Tujuan belajar atau tujuan instruksional khusus yangakan dicapai.
2.Warga belajar yang menjadi sasaran didik.
3.Sumber dan fasilitas yang tersedia .
4.Waktu belajaryang tersedia/ yang digunakan.
PENGEMBANGAN METODE BELAJAR PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH BERDASARKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN PROSES BELAJAR YANG DIRANCANG
A.Berdasarkan Pendekatan Pembelajaran PLS
1. Pendekatan berpusat pada masalah .
- Pamong belajar memberikan rangsangan dan menghidupkan suasana belajar.
- Rangsangan hanya untuk menghidupkan suasana belajar dan mengandung informasi .
- Warga belajar berperan mengkaji masalah .
- Penekanan pada pemecahan masalah secara terpadu untuk menelaaah dan
pemecahannya.
2. Pendekatan Proyektif.
- Fasilitator berperan menyajjikan cerita terbuka.
- Merangsang informasi dan pennnnnnngaruh sosial ekonomi.
- Warga belajar meyelesaikan cerita menurut perasaan
- Memberi penekanan daya nalar pada warga belajar.
3. Pendekatan perwujudan diri.
-pamong belajar menyajikan bahasan mentah .
-pemberian rangsangan gambar.
-Mendiskusikan dengan kelompok.
-menekankan pada kepercayaan diri.
4. Pendekatan belajar partisipatif.
- Tahap pembinaan keakraban .
- Tahap identifikasis masalah.
- Tahap penentuan tujuan kegiatan belajar.
- Tahap pennyusunan rencana kegiatan belajar .
- Tahap pelaksanaan program kegiatan belajar .
- Tahap evaluasi.
B. Berdasarkan proses belajar yang dirancang.
1.Proses belajar yang dirancang untuk membantu warga belajar menata kembali pengalaman
masa lampau.
2.Proses belajar yang dirancang untuk memberikan pengalaman baru.
1.Tujuan belajar atau tujuan instruksional khusus yangakan dicapai.
2.Warga belajar yang menjadi sasaran didik.
3.Sumber dan fasilitas yang tersedia .
4.Waktu belajaryang tersedia/ yang digunakan.
PENGEMBANGAN METODE BELAJAR PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH BERDASARKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN PROSES BELAJAR YANG DIRANCANG
A.Berdasarkan Pendekatan Pembelajaran PLS
1. Pendekatan berpusat pada masalah .
- Pamong belajar memberikan rangsangan dan menghidupkan suasana belajar.
- Rangsangan hanya untuk menghidupkan suasana belajar dan mengandung informasi .
- Warga belajar berperan mengkaji masalah .
- Penekanan pada pemecahan masalah secara terpadu untuk menelaaah dan
pemecahannya.
2. Pendekatan Proyektif.
- Fasilitator berperan menyajjikan cerita terbuka.
- Merangsang informasi dan pennnnnnngaruh sosial ekonomi.
- Warga belajar meyelesaikan cerita menurut perasaan
- Memberi penekanan daya nalar pada warga belajar.
3. Pendekatan perwujudan diri.
-pamong belajar menyajikan bahasan mentah .
-pemberian rangsangan gambar.
-Mendiskusikan dengan kelompok.
-menekankan pada kepercayaan diri.
4. Pendekatan belajar partisipatif.
- Tahap pembinaan keakraban .
- Tahap identifikasis masalah.
- Tahap penentuan tujuan kegiatan belajar.
- Tahap pennyusunan rencana kegiatan belajar .
- Tahap pelaksanaan program kegiatan belajar .
- Tahap evaluasi.
B. Berdasarkan proses belajar yang dirancang.
1.Proses belajar yang dirancang untuk membantu warga belajar menata kembali pengalaman
masa lampau.
2.Proses belajar yang dirancang untuk memberikan pengalaman baru.
Oleh :Ika umaya yasinta(1102406008)